Filter Regulator Lubricator (FRL) | Bagian Dari Pneumatik Sistem - Perawatan Mesin Industri

Friday, August 5, 2016

Filter Regulator Lubricator (FRL) | Bagian Dari Pneumatik Sistem

Bismillah,
Setelah membahas tentang pneumatik sistem secara umum , kali ini penulis akan membahas secara lebih dalam tentang komponen pneumatik satu persatu setiap judul artikelnya.

Pembahasan komponen yang pertama adalah Filter Regulator Lubricator atau disingkat dengan FRL dan akan menjadi sebutan pada artikel ini yakni FRL Unit. Dan membahas juga fungsi dari masing-masing komponen , fungsi filter - fungsi regulator - juga fungsi lubricator.

Filter Regulator Lubricator Unit


Seperti namanya terdiri dari 3 bagian yaitu :

  • FILTER

  • REGULATOR

  • LUBRICATOR
Penulis akan bahas satu persatu ...

1. FILTER  

Filter untuk FRL unit


Dalam bahasa Indonesia disebut PENYARING , "bukan penyaring (pengeras suara) ya ..."
Filter yang dimaksud di sini adalah penyaring udara (angin) agar udara yang masuk pada komponen lanjutan tidak tercemar partikel asing yang bisa merusak komponen-komponen yang lain seperti solenoid dan cylinder angin.

Filter ini terletak pada bagian terdepan dari sebuah sistem pneumatik , setelah udara di filter maka bagian selanjutnya adalah regulator.

2. REGULATOR

regulator dalam FRL


Regulator atau bisa disebut dengan pengatur , seperti namanya maka fungsi dari bagian ini adalah untuk mengatur berapa tekanan udara dikehendaki dari pengguna pneumatik sistem ini , secara rata-rata atau "biasanya" tekanan yang digunakan sekitar 0,4 Mpa sampai dengan 0,6 Mpa atau dalam hitung lain 4 Bar - 6 Bar.

Regulator terletak di tengah antara filter dan lubricator

3. LUBRICATOR

lubricator pada FRL unit


Lubricator sama juga dengan bagian pelumasan , fungsi lubricator di FRL Unit untuk memberikan pelumasan pada bagian - bagian pneumatik yang begerak seperti piston pada solenoid , piston pada cylinder angin. Pelumas yang digunakan berupa oli dan yang paling direkomendasikan adalah oli dengan ISO VG 32 sampai dengan ISO VG68.

Lumasan atau oli yang mengalir di pneumatik sistem bisa diatur sesuai kebutuhan dengan cara memutar bagian pengatur yang berada di atas lubricator , dan perhatikan berapa tetes yang keluar setiap menitnya di kaca (glass) tersebut.

Yups itu penjelasan dari penulis tentang FRL Unit , sebelum udara bertekanan masuk ke komponen presisi di pnuematik sistem maka udara harus dalam keadaan BERSIH - TEKANAN TERATUR - CUKUP PELUMASAN ...

Jika ada komentar atau tambahan lain , langsung saja tulis di kolom komentar. Dan jika tulisan pada blog perawatan mesin terpadu ini bermanfaat mohon untuk berbagi ke SosMed yang Anda miliki.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Lanjut ke cara perawatan FRL Unit ....

1 comment:

eza gofiik said...

Oli pelumas sistem pneumatik yang murah apa? Trs merk ny ap .. mohon info ny

Post Top Ad