Sistem Pendingin Oli Pada Hydraulik Unit - Perawatan Mesin Industri

Sunday, October 1, 2017

Sistem Pendingin Oli Pada Hydraulik Unit

Penjelasan Singkat Tentang Pendingin Sistem Oli Hidrolik

Pada mesin industri yang menggunakan hidrolik unit sebagai penggerak sebuah unit , seperti clamping unit atau membawa beban (contoh: motor spindle) , dan menggunakan oli sebagai medianya , maka sangat disarankan untuk memasang atau menginstall sebuah sistem pendingin oli hidrolik. Dengan tujuan untuk menetralkan suhu oli setelah bekerja secara sirkulasi tertutup dalam sebuah sistem hidrolik.

Berikut gambaran ilustrasi instalasi dari sistem pendingin oli hidrolik :

Ilustrasi Lengkap Hidrolik Sistem Dengan Sistem Pendingin Oli
Ilustrasi Hidrolik Sistem
Bisa dijelaskan secara singkat cara kerjanya sebagai berikut :

Di dalam pompa hidrolik unit biasanya ada 2 keluaran (output) , pertama yang dihisap melalui pipa output nomer 1, lalu dialirkan ke dalam instalasi sistem hidrolik ( solenoid - pressure switch dan cylinder ) kemudian kembali lagi ke tanki hidrolik sebagai jalur utama dan yang kedua pipa output nomer 2 , sebagai jalur aliran kelebihan (over flow) yang saat oli dihisap pompa langsung kembali ke tanki lagi dan ini sebagai penyeimbang saat mensetel tekanan oli yang dibutuhkan.

Dan sistem pendingin oli hidrolik dipasang pada jalur nomer kedua , sebelum oli hidrolik kembali ke tanki maka oli masuk dahulu ke dalam sistem pendinginan oli. Sistim pendingin oli yang biasa digunakan adalah radiator unit.

Berikut gambaran nyata instalasi dari sistem pendingin oli hidrolik :

Hidrolik Sistem dengan sistem pendingin
Hidrolik Unit Dengan Sistem Pendingin Oli

Bagaimana Cara Merawat Sistem Pendingin Oli Pada Hidrolik Unit

Setelah penjelasan singkat di atas semoga para pembaca bisa memahami , sekarang akan dibahas bagaimana cara untuk merawata sistem pendingin tersebut. Sebenarnya sangat mudah (simple) , yaitu bagian yang paling untuk dijaga kebersihannya adalah kisi - kisi pendingin dari radiator unit tersebut. Mungkin untuk waktunya tergantung dengan lingkungan mesin tersebut apakah terlalu banyak debu atau tidak? Jika terlalu banyak debu waktunya bisa lebih cepat bisa sehari sekali - semingggu sekali - sebulan sekali atau kalo memang tidak banyak debu bisa 3 bulan sekali.

Menjaga kebersihan kisi - kisi berfungsi agar aliran udara yang dihebuskan kipas untuk mendinginkan oli tidak tersumbat. Kemudian bagian lain yang perlu diperhatikan adalah kipas pendingin , bersihkan baling - balingnya 3 bulan sekali cukup untuk menjaga agar tidak terlalu kotor.

Jika sistem pendingin oli hidrolik ini bekerja dengan baik , bisa diharapkan untuk menjaga bagian - bagian hidrolik unit yang lain lebih awet , seperti seal , o - ring dalam solenoid dan cylinder.

Demikian artikel untuk kali ini tentang sistem pendingin oli hidrolik , semoga bisa bermanfaat ... dan jika menurut para pembaca bermanfaat , ayo share ke akun sos-med yang para pembaca miliki agar manfaat dari artikel ini bisa dirasakan oleh para perawat mesin industri yang lain. Terima kasih sebelumnya , dan jika ada pertanyaan dan tambahan informasi lainnya tentang artikel ini silahkan isi kolom komentar yang tersedia.

No comments:

Post Top Ad