Perawatan Mesin Industri , Apakah itu?

Perawatan Mesin Industri , Apakah itu?
Perawatan Mesin Industri , Apakah itu?
Bismillah ,
Perawatan mesin industri adalah melakukan kegiatan pemeriksaan semua item (bagian) mesin secara keseluruhan dengan jangka waktu  (periodikal) yang telah ditentukan oleh pembuat mesin dan dilakukan secara terus menerus.

Perawatan Mesin IndustriAda beberapa tujuan perawatan mesin industri , diantaranya adalah :

1. Mencegah terjadinya kerusakan mesin secara mendadak (breakdown). 
2. Memperpanjang dan mempertahankan masa kehandalan mesin.
3. Mengetahui bagian (item) mesin yang akan rusak.
4. Penghematan biaya (cost down) dalam jangka panjang.

Kegiatan yang dilakukan pada saat perawatan secara garis besar adalah :

1. MEMBERSIHKAN (cleaning)
2. MEMERIKSA (checking)
3. MENGENCANGKAN (tightening)
4. MELUMASI (lubricating)

Kegiatan yang dilakukan pada perawatan mesin industri dapat dibedakan menjadi beberapa yaitu:

(1) Perawatan Mesin Rutin Terencana

Perawatan rutin terencana ialah suatu kegiatan merawat bagian-bagian mesin yang harus dilakukan setiap hari sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat oleh pembuat jadwal perawatan mesin industri dan ini sifatnya adalah kontinyu dan sistematis. Periodikal atau rencana setiap bagian-bagian mesin disesuaikan dengan buku manual atau pengalaman yang terjadi pada bagian mesin tersebut.

(2) Perbaikan Mesin Terencana

Perbaikan mesin terencana yang dimaksud di sini adalah perbaikan bagian mesin tertentu yang dilakukan dengan cara merencanakan dahulu sebelum melakukukan perbaikan. Biasanya temuan kerusakan saat melakukan perawatan mesin rutin terencana yang belum bisa dilakukan perbaikannya ,baik karena waktu - pekerja atau karena belum tersedia spare part pengganti,  namun mesin tersebut masih bisa digunakan.
Oleh karena itu sebelum membuat perencanaan dalam perbaikan ini seharusnya sudah mempersiapkan setidaknya spare part dan pekerja yang akan melakukannya.

(3) Prediksi Kondisi Mesin Rutin Terencana

Lain lagi dengan kegiatan prediksi kondisi mesin rutin ini, pada aktifitas ini lebih di fokus kan pada pengambilan data pada bagian mesin tersebut, yang digunakan untuk menganalisa bagian mesin agar sebelum terjadinya kerusakan seorang pekerja perawat mesin bisa memperbaikinya. Data yang bisa diambil pada kegiatan prediksi kondisi mesin adalah suhu (panas) dengan satuannya derajat celcius, suara (noise) dengan satuannya desibel.

Contoh : Sebuah motor induksi terprediksi akan rusak bearing nya jika suhu pada badan motor 60 derajat celsius atau jika di ukur tingkat kebisingannya mencapai 60desibel ( ini hanya contoh ya ... ) Silah ambil data di masing mesin yang Anda miliki. Dan jika prediksi kondisi mesin rutin ini berjalan dengan baik seharus sudah tidak ada istilah lagi motor induksi rusak karena bearing macet.

Itulah sebagian dari pengertian dan tujuan perawatan mesin Industri , mungkin masih ada yang lagi dan jika berkenan untuk menambahkan pada kolom komentar. agar betul-betul mendekati sempurna artikel ini.

Okay,
Sekian sedikit informasi tentang dasar Perawatan Mesin Industri semoga bermanfaat.
Advertisement