Cara Perawatan Mesin Bagian Motor Spindle

Cara Perawatan Mesin Bagian Motor Spindle
Cara Perawatan Mesin Bagian Motor Spindle
Bismillah ,

Sebelum melakukan perawatan mesin bagian motor spindle harus dilakukan pemeriksaan awal :

1. Hidupkan motor lalu periksa apakah ada suara yang tidak normal , getaran yang tidak normal.
2. Lakukan pengukuran Voltase dan Ampere yang ada pada motor dan catat.

Langkah berikut untuk melakukan perawatan mesin pada bagian motor spindle hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah prosedure keamanan terlebih dahulu. Yaitu dengan "matikan" aliran listrik dari sumber utama motor spindle (NFB) dan diberi label (tag) "Jangan DiOperasikan".



Lanjut, setelah semua prosedure keamanan dilakukan , kemudian langkah selanjutnya adalah membuka semua cover pelindung yang ada pada area sekitar spindle. Penghalang (cover) yang dimaksud seperti cover motor dan cover V-belt.

Lalu bersihkan area sekitar dari sampah hasil potongan (scrab) agar pada saat melakukan aktifitas tidak terjadi kecelakaan kerja karena tergores hasil potongan yang tajam.



Setelah bersih , baru lakukan pemeriksaan bagian yang lebih detail yang ada di spindle unit seperti : V-belt , fan pendingin motor. Lakukan penggantian v-belt jika sudah terjadi kerusakan.

Lakukan pembersihkan pada baling-baling kipas motor , dan cover motor. Lakukan pemeriksaan baut untuk power lisrtik di terminal motor. Setelah semua selesai dibersihkan , kembalikan cover yang sudah dibersihkan atau pasang kembali.

Seperti itulah cara melakukan perawatan mesin bagian motor spindel , mudahkan ?

Nah jika ada tambahan ide , kritik dan saran silahkan isi di kolom komentar. Dan sekiranya artikel pada blog www.perawatanmesinterpadu.com ini bermanfaat lanjut untuk berbagi ke media sosial.

Terimakasih.



Advertisement