Sistem Perawatan Terpadu [BAGIAN4]

Sistem Perawatan Terpadu [BAGIAN4]
Sistem Perawatan Terpadu [BAGIAN4]
Bismillah ,

Setelah sub sistem dalam mesin tercatat semua , sekarang tahap lanjut pada pembuatan Sistem Perawatan Mesin Terpadu adalah sebagai berikutnya, yaitu :

Sistem perawatan mesin industri
Pembuatan Check Sheet sesuai dengan pembagian periodikalnya.

1. Harian , kita sebut saja "Daily Check Sheet" ( biar agak mendunia bahasanya ... )
    atau kalau masih ingin pakai bahasa lokal ... "Lembar Pemeriksaan Mesin Harian"
2. Bulanan , beri judul : "Lembar Pemeriksaan Bulanan" (Monthly Check Sheet)
3. Tahunan , kasih nama .. "Lembar Pemeriksaan Tahunan" (Yearly Check Sheet)

Kita akan bahas satu persatu secara singkat.

1. Lembar Pemeriksaan Mesin Harian

Pemeriksaaan Harian adalah pemeriksaan mesin industri yang dilakukan secara rutin setiap hari oleh pelaksana produksi sebelum melakukan aktifitas atau menjalankan mesin produksi, bertujuan untuk memastikan mesin dalam kondisi prima ketika digunakan proses produksi dan sebagai dideksi awal jika terjadi penyimpang pada mesin.

Hal-hal yang perlu perhatikan pada saat pembuatan Lembar Pemeriksaan Mesin Harian antara lain :
- Mudah dilakukan oleh pelaksana produksi.
- Tidak memakan waktu banyak , setidaknya 5 sampai 10 menit.
- Minimalkan penggunaan alat.
- Item pengecheckan bernilai efektif dan efesien.

Mudah Dilakukan Oleh Pelaksana Produksi

Maksudnya seperti ini metode yang diberikan untuk melakukan pemeriksaan mesin industri cukup dengan melihat , meraba (merasakan) , dan mendengar. Tidak perlu sampai membongkar cover penutup atau yang sekiranya menyulitkan pelaksana produksi.

Melihat ::
Penyimpangan apa yang bisa dilihat ?
Kebocoran oli , Kipas pendingin tidak berfungsi , Tombol mesin rusak , Lampu indicator rusak , Filter angin kotor , Kabel listrik tidak rapi dan lain sebagainya.

Meraba (merasakan) ::
Penyimpangan apa yang bisa diraba atau dirasakan ?
Motor hydraulik panas , pompa hydraulik panas , ada getaran pada motor spindle dan lainnya.

Mendengar ::
Penyimpangan apa yang bisa didengar ?
Suara abnormal di motor , di spindel , di pompa , atau kebocoran instalasi angin , instalasi gas atau lainnya.

2. Lembar Pemeriksaan Mesin Bulanan

Pemeriksaan mesin bulanan dilakukan oleh pihak pelaksana perawat mesin (Maintenance) , dan bisa dibagi menjadi beberapa periode lagi 1 bulanan , 3 bulanan , dan 6 bulanan disesuaikan dengan kebutuhan pemeriksaan dari setiap spare part yang ada pada mesin.

Apa yang akan dilakukan pada pemeriksaan bulanan ini juga dapat untuk melakukan perubahan periodikal pada pemeriksaan ini, indicator pemeriksaannya antara lain adalah :

- Kotor ::
Seberapa kotor sparepart yang dilakukan pemeriksaan mesin pertama kali hingga pemeriksaan selanjutnya. Jika memang tidak terlalu kotor maka periodikal dapat diperpanjang (misal dari 1bulan menjadi 2bulan) , dan sebaliknya jika pada pemeriksaan selanjutnya sudah terlalu kotor , maka periodikal dapat dipercepat , misal awalnya 3 bulanan menjadi 2bulanan. Lakukan terus analisa ini hingga mendapatkan waktu (periodikal) yang efektif.

- Aus , retak dan gejala lain yang jika terjadi mesin masih dapat melakukan produksi ::
Pada item ini harus benar-benar diperhatikan , jika terlanjur kejadian stop mesin karena gejala keausan - keretakan pada part mesin maka segera lakukan perubahan periodikal pemeriksaan.

Dua item di atas sudah cukup mewakili apa yang harus dilakukan pada saat pelaksana perawat mesin melakukan pemeriksaan bulanan.

3. Lembar Pemeriksaan Mesin Tahunan

Pada lembar ini di khususkan untuk penggantian spare part , penggantian pelumasan mesin baik oli - grease (gemuk) , penggantian battery back up memory dan lainnya.
Keterlambatan pada penggantian yang tersebut di atas juga dapat menyebabkan kerusakan mesin yang akhirnya mengganggu proses produksi. Tetap lakukan analisa sebelum terjadi kerusakan langsung lakukan penggantian tentu dengan memperhatikan sisi efisiensi tentunya.

Okay sepertinya sekian dulu artikel pada blog www.perawatanmesinterpadu.com kali ini , seperti biasa kritik dan saran langsung ke kolom komentar dan jika artikel ini bermanfaat silahkan Anda berbagi pada Sos-Med yang dimiliki.

Terima Kasih.

KEMBALI ke PART 1 - PART 2 - PART 3





Advertisement