Trik Bagaimana Cara Memasang Bearing Tanpa Diketuk

Trik Bagaimana Cara Memasang Bearing Tanpa Diketuk
Trik Bagaimana Cara Memasang Bearing Tanpa Diketuk
Bismillah,

Sudah lama gak update nih blog , jadi binggung mo ngomongin apa awalannya ,

Melakukan penggantian bearing pada sebuah equipment di mesin industri adalah hal yang pasti akan dialami oleh seorang maintenance di dunia industri. Bisa saja waktunya pada saat Perbaikan Terencana atau mungkin saat perbaikan darurat.

Bearing yang sudah diprediksi akan rusak harus segera dilakukan penggantian , sebelum terjadinya hal yang lebih buruk tejadi. Jika terlambat maka bearing akan macet dan bisa menyebabkan kerusakan yang perembet ke bagian-bagian lain, jika bearing itu berada di motor maka bisa saja terjadi kerusakan pada gulungan motor tersebut.

Apa saja indikasi sebuah bearing akan mengalami kerusakan ( macet ) , hal yang biasa terjadi adalah keluarnya suara bising yang tidak wajar , atau panas yang berlebihan pada badan equipment , atau bisa juga terjadi getaran yang tidak wajar terjadi. Jika salah satu dari ketiga hal ini terjadi , maka segera lakukan penggantian bearing sebelum terjadi kejadian yang lebih merugikan.

Nah , artikel ini tidak membahas teknis membukanya , akan Saya bahas di lain kesempatan. Untuk artikel ini Saya akan memberikan pengalaman atau trik cara bagaimana memasang bearing tanpa diketuk.

Bearing baru yang akan dipasang kembali pastilah sangat presisi , seharusnya tidak boleh terbentur oleh benda apapun , karena bearing baru bisa saja akan mengalami kerusakan juga, namun kenyataan yang ada di lapangan saat pemasangan bearing teman-teman maintenance tetap saja mengunakan cara ini , yaitu dengan cara mengetuk.

Lalu bagaimana cara memasang bearing tanpa diketuk ?

Berikut langkah dan alat yang akan di pergunakan untuk memasang bearing tanpa diketuk ,

Pertama siapkan alat pemanas (Hot Blower) , dan hidupkan.

Kedua siapakan bearing baru yang akan dipasang , letakkan di atas kardus pembungkusnya.

Ketiga arahkan udara panas yang berasal dari Hot Blow ke posisi inner bearing hingga 10 menit ,

Keempat lumasi shaft dengan oli tempat posisi bearing bearada nantinya.

Kelima jika bearing sudah terlihat memerah maka segera angkat bearing dan dipasangkan ke dalam shaft.

Note:

1. Bearing yang dipasang adalah bearing yang masuk ke dalam shaft , inner bearing sebagai tumpuan.

2. Hati - hati saat mengangkat bearing dalam kondisi panas.

Selesai sudah artikel kali ini , semoga bermanfaat , jika memang bermanfaat silahkan share ke akun sosial media Anda ya , agar lebih banyak orang yang bisa merasakan manfaat artikel ini. Terimakasih.

Di bawah ini adalah video ilustrasi nyata saat memasang bearing tanpa diketuk :

Advertisement