Cara Mengatasi Pompa Air Industri Ngempos ( Tidak Ada Tekanan )

Cara Mengatasi Pompa Air Industri Ngempos ( Tidak Ada Tekanan )
Cara Mengatasi Pompa Air Industri Ngempos ( Tidak Ada Tekanan )
Bismillah ,

Langsung saja ,
saat Anda selesai melakukan pengurasan sebuah tanki yang berisi cairan pendingin (coolant) atau hanya air tanah saja, maka hal biasa terjadi setelah mengisi tanki kembali dan melakukan sirkulasi dengan menggunakan pompa adalah pompa air tidak bisa menghisap air dengan sempurna (tidak ada tekanan) atau sering disebut dengan istilah ngempos.

Kenapa bisa terjadi ngempos pada pompa air industri?

Ngempos pada pompa terjadi karena adanya udara yang terjebak di dalam pompa , sehingga air tidak tersedot dengan sempurna.

Lalu bagaimana cara mengatasi jika pompa air industri ngempos?

Karena banyaknya jenis pompa air yang digunakan pada industri , maka untuk artikel kali ini Saya akan membahas 1 jenis pompa saja , semoga akan ada artikel lanjutan untuk jenis pompa yang lainnya. Pompa yang akan bahas untuk solusi jika terjadi ngempos saat pertama digunakan setelah melakukan pengurasan tanki ada pompa jenis centrifugal pumps brand "grundfos".

pompa centrifugal brand grundfos
pompa centrifugal grundfos
 Jika terjadi masalah pompa air industri ngempos (jenis pompa ini), untuk mengatasinya ada beberapa langkah mudah :

1. Pastikan air yang sudah terisi cukup
2. Pastikan valve (kran) yang terinstall ke pompa posisi terbuka
3. Nyalakan pompa , lihat tekanan sebentar saja ,jika tidak ada tekanan segera off kan kembali pompa
4. Buka dop (terlihat di gambar) sedikit saja , kemudian nyalakan kembali pompa airnya , agar "angin" yang terjebak keluar , dan tunggu hingga yang keluar air dengan deras , bisa juga dilakukan buka-tutup-buka tutup dop ini dengan jedah waktu beberapa detik , hingga air keluar dengan deras.


5. Setelah air keluar dengan deras , segera tutup kembali dop tersebut. Lihat kembali tekanan , apakah sudah normal ? Jika belum lakukan kembali langkah ke 4 , agar angin yang terjebak benar-benar sudah keluar tanpa tersisa.

Demikian artikel ini bagaimana cara mengatasi pompa air industri ngempos , khususnya untuk pompa jenis centrifugal pumps brand "grundfos". Semoga bermanfaat , dan jika memang bermanfaat share ke sosial media yang Anda miliki agar lebih banyak lagi teman-teman Maintenance yang merasakan manfaatnya.
Advertisement
Next
This Is The Current Newest Page