Pengenalan Dasar Tentang Pompa Sentrifugal

Pengenalan Dasar Tentang Pompa Sentrifugal
Pengenalan Dasar Tentang Pompa Sentrifugal
Pompa sentrifugal atau dalam bahasa inggris di sebut centrifugal adalah jenis pompa yang sering di gunakan dalam sebuah industri. Pompa jenis ini mempunyai kelebihan yang diantaranya adalah cara menggunakan yang mudah , biaya perawatan yang murah dan tidak menyebabkan polusi suara (noise) , dan masih banyak kelebihan lainnya.

Cara Kerja Pompa Centrifugal Secara Singkat

Cara Kerja Pompa Centrifugal
Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara kerja dari pompa centrifugal , lebih baiknya kita juga harus memahami juga prinsip kerja dari pompa air terlebih dahulu. Pompa air ialah sebuah peralatan yang digunakan untuk mengalirkan zat cair dengan cara menyedot dan mengeluarkan cairan tersebut.

Prinsip kerja pompa air adalah pompa membuat tekanan vakum pada inletnya , yang pada akhirnya menyerap cairan air ke dalam pompa , lalu mendorong air melewati keluaran (outlet) atau disebut juga dengan discharge.

Khusus untuk pompa centrifugal , pompa memanfaatkan gaya centrifugal. Lalu bagaimanakah gaya centrifugal tersebut. Gaya centrifugal adalah gaya gerak melingkar yang berputar menjauhi pusat lingkaran.

Baca juga artikel tentang : Cara Mengatasi Pompa Air Industri Ngempos ( Tidak Ada Tekanan )

Bagian Dari Pompa Centrifugal 

Membahas tentang bagian dari pompa centrifugal memang cukup ringan karena bagiannya hanya terdiri dari :

1. Shaft , berfungsi sebagai penghubung antara motor dan impeller pompa
2. Bearing , berfungsi sebagai bantalan putar dari shaft
3. Seal , dalam hal ini ada 2 jenis , pertama mekanical seal tanpa bolt setting pada pompa dan jenis kedua adalah gland packing ada settingan pada pompa
4. Casing , rumah pompa , yang berfungsi sebagai penghubung pada instalasi pompa baik input dan output
5. Impeller , adalah bagian pompa yang berbentuk seperti baling - baling , impeller inilah yang membawa air berputar dari lubang inlet ke lubang outlet.

Cara Merawat Pompa Centrifugal

Dalam hal perawatan pada pompa air jenis centrifugal ini sangatlah mudah, pertama pastikan bolt base terpasang kuat , kedua pastikan air yang masuk ke dalam pompa tidak kemasukan bahan asing yang bisa menyebabkan impeller macet dengan cara membersihkan strainer (saringan) yang ada di instalasi sebelum pompa, ketiga lakukan penggantian bearing dan seal saat terdeteksi mulai rusak - bearing ganti setelah terdengar suara bising dan seal diganti setelah terlihat mulai bocor. Untuk bahasan lebih lengkapnya tentang bagaimana cara merawat dari part Pompa Centrifugal ini bisa Anda baca pada artikel yang sudah Saya tulis sebelumnya , Anda bisa lihat di sini Cara Merawat Pompa Centrifugal.

Hampir semua brand atau merek pompa industri memiliki atau memproduksi pompa jenis ini, Tapi Saya merekomendasikan 2 merek ternama saja. Berikut Saya sebutkan 2 merek pompa yang memiliki jenis Pompa Centrifugal : Ebara Pump , Torishima Pump silahkan Anda kunjungi langsung website nya untuk melihat lebih detail.

Demikianlah artikel Saya kali ini , yang membahas sedikit tentang pompa centrifugal. Semoga bermanfaat , dan jika memang dirasa bermanfaat boleh Anda share artikel ini ke akun media sosial Anda, tentunya agar lebih banyak yang merasakan manfaat dari artikel ini.
Advertisement
Next
This Is The Current Newest Page